(Disampaikan dalam Rapat Pleno Wali Murid 15 Oktober 2011)
A. UMUM
1. UMUM
A. UMUM
1. UMUM
Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda merupakan satu-satunya lembaga pendidikan formal tingkat dasar yang bercirikan islam di Desa Kembangan Kec. Bonang Kab. Demak. Berdiri pada tahun 1967 dibawah pengelolaan yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda Kembangan dengan ijin operasional No : LK/3.C/346/pem.mi/1979.
Dalam perjalanannya MI Nurul Huda menjadi salah satu madrasah yang difavoritkan dilihat dari berbagai prestasi yang diraih baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten untuk itu kami selalu berusaha secara maksimal untuk meningkatkan etos kerja dan kiat-kiat maupun strategi praktis serta menentukan arah kebijakan yang realistis agar madrasah tetap eksis dengan perkembangan zaman.
Titik berat dari aarah kebijakan yang kami tempuh ada tiga hal pokok, yaitu :
a. Perbaikan Manajemen
1) Manajemen Madrasah secara umum
2) Manajemen Kepala Madrasah
b. Mengoptimalkan dan memfokuskan proses belajar mengajar dengan pola PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Komunikatif, Efektif dan Menyenangkan)
c. Pemberdayaan peran serta masyarakat.
Selain kebijakan diatas kami tetap melaksanakan aturan dan arah kebijakan dari pemerintah (Pusat maupun Daerah) secara umum baik Kementrian Agama maupun Kementrian Pendidikan Nasional, serta beradaptasi secara positif dengan lingkungan sekolah.
2. IDENTITAS
Identitas Madrasah
Nama Madrasah : MI Nurul Huda Kembangan
Nomor Statistik Madrasah : 111233210075
Alamat : Desa Kembangan Kec. Bonang Kab. Demak
Tahun berdiri : 1967
Status : Terakreditasi B
Nama Kepala Madrasah : Mushonifin, S.Pd.I
Visi Madrasah : Menciptakan sumber daya manusia yang beriman, berilmu, berbudaya, berprestasi dan berbudi pekerti luhur.
Misi Madrasah :
1. Menumbuhkan dan mengembangkan ajaran agama Islam, nilai, sikap, dan budi pekerti.
2. Membimbing anak secara efektif agar mencapai akademik optimal.
3. Mengembangkan etika, estetika, bakat dan minat yang bertumpu pada ajaran agama Islam dan budaya bangsa.
Tujuan :
1. Membantu program pemerintah memberantas kebodohan dan hidup keterbelakangan
2. Membantu masyarakat desa yang berpenghasilan rendah/miskin, untuk ikut mengeyam pendidikan.
3. Meningkatkan kegiatan keagamaan di lingkungan madrasah, jama’ah sholat dzuhur dan tadarus Al-qur’an.
B. GURU DAN KARYAWAN
Kepala
Madrasah, guru dan karyawan mempunyai ruang lingkup dan beban kerja yang
disesuaikan secara professional serta karakteristik masing-masing. Tugas-tugas
tersebut dituangkan dalam SK KBM semester I dan semester II tahun pelajaran
2010/2011.
Untuk
merespon dinamika pendidikan formal yang selalu bergerak maju, maka kami juga
berusaha untuk meningkatkan pengetahuan dan menambah wawasan cakrawala pandang
yang lebih luas melalui berbagai media.
Data
guru dan karyaawan MI Nurul huda Kembangan
No
|
Nama/NIP
|
Status
|
Jabatan
|
Pendidikan
Terakhir
|
1.
|
MUSHONIFIN, S.Pd.I
19741001
200710 1 001
|
PNS
|
Kamad
|
S.1 Tarbiyah
|
2.
|
LUDFIL KHAKIM, S.Pd.I
19730127
200701 1 012
|
PNS
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
3.
|
MAHMUDAH, S.Pd.I
19840107
2005501 2 001
|
PNS
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
4.
|
SRI
REJEKI, S. Pd.I
-
|
GTY
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
5.
|
NUR ASRUROH, S.Pd.I
19770316
200701 2 011
|
PNS
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
6.
|
MUJTAHIDAH, S.Pd.I
19830513
200710 2 003
|
PNS
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
7.
|
Hj. UMI MUNADZIROH, S.Pd.I
19790503
2007102 2 003
|
PNS
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
8.
|
ABU SHOLEH
-
|
GTY
|
Guru
|
SLTA
|
9.
|
ROSYIDI, S.Pd.I
19740720
2007100 1 003
|
PNS
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
10.
|
SHOBIRIN, A.Ma
19751110
200701 1 032
|
PNS
|
Guru
|
D.2 Tarbiyah
|
11.
|
MUBAROKAH, S. Pd.I
-
|
GTY
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
12.
|
HAFID, S.Pd.I
-
|
GTY
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
13.
|
KHOERUL FATIHIN, S.Pd.I
-
|
GTY
|
Guru
|
S.1 Tarbiyah
|
14.
|
NUR LATIFAH, S.Pd
-
|
GTY
|
Guru
|
S.1 Matematika
|
15.
|
ISMAUL HIDAYAH
-
|
Karyawan
|
TU
|
MA
|
16.
|
MUJAZIROH
-
|
Karyawan
|
Tukang
Kebun
|
SMP
|
C. SISWA
Siswa
merupakan modal utama untuk menilai keberhasilan suatu sekolah. Dengan jumlah
siswa yang memadai akan memberikan semangat, dorongan dan motivasi dalam rangka
proses belajar mengajar
1)
Data siswa tahun pelajaran 2010/2011
No.
|
Kelas
|
L
|
P
|
Jumlah
|
1.
|
I
|
35
|
33
|
68
|
2.
|
II
|
27
|
27
|
54
|
3.
|
III
|
26
|
34
|
60
|
4.
|
IV
|
37
|
24
|
61
|
5.
|
V
|
30
|
37
|
67
|
6.
|
VI
|
26
|
17
|
43
|
Jumlah
|
180
|
170
|
353
|
2)
Data peserta ujian tahun pelajaran 2010/2011
|
L
|
P
|
Jumlah
|
Peserta
|
26
|
17
|
43
|
Lulus
|
26
|
17
|
43
|
Tidak Lulus
|
0
|
0
|
0
|
3)
Data lulusan tahun 2010/2011 yang melanjutkan
Jenis Sekolah
|
L
|
P
|
Jumlah
|
MTs
|
3
|
0
|
3
|
SMP
|
21
|
15
|
36
|
Pondok Pesantren
|
2
|
2
|
4
|
Tidak diketahui
|
0
|
0
|
0
|
Total
|
26
|
17
|
43
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar